Memberi Efek Menenangkan seperti Meditasi, Ini 3 Manfaat Mewarnai untuk Orang Dewasa

Mewarnai menjadi salah satu aktivitas yang menyenangkan untuk anak, juga bisa mengasah kreativitas mereka. Namun tak hanya disukai oleh anak, mewarnai juga punya dampak positif untuk orang dewasa, lo. Bahkan kini di toko buku maupun di toko online, sudah banyak tersedia buku mewarnai khusus orang dewasa atau coloring for adults .

Lalu mengapa mewarnai bisa memberikan dampak positif, khususnya untuk ketenangan pikiran? Psikolog klinis Scott M. Bea mengatakan kesenangan yang didapatkan ini berkaitan dengan bagaimana mewarnai dapat memfokuskan kembali perhatian kita. "Mewarnai bagi orang dewasa membutuhkan perhatian sederhana yang terfokus di luar kesadaran diri," kata Dr Bea.

"Ini adalah aktivitas sederhana yang membuat kita lebih rileks," ujarnya lagi, seperti dilansir dari Cleveland Clinic. Untuk lebih jelasnya, berikut ini tiga manfaat positif coloring for adult atau mewarnai bagi orang dewasa. Apa saja?

Sebagai orang dewasa, tentu setiap hari sering dihadapkan dengan permasalahan maupun kewajiban yang membuat tertekan. Salah satu cara untuk menenangkan otak adalah dengan mewarnai, karena di saat seperti ini otak cenderung merasa rileks. "Seseorang tidak akan terganggu oleh pikiran dan penilaian sendiri.

"Bahkan rasanya kesulitan hidup pun bisa pergi untuk sementara, sehingga otak menganggap hal ini sebagai kegiatan yang bermanfaat," ujarnya. Aktivitas sederhana seperti mewarnai membantu mengalihkan perhatian kita dari beban maupun tanggung jawab sehari hari untuk sementara, ke sesuatu yang lebih ringan. Dengan mewarnai, pikiran kita hanya tertuju pada warna warna dan pola yang menarik, tanpa perlu memikirkan hal lain yang memicu stres.

Menurut Dr. Bea, sensasi yang timbul saat mewarnai bahkan mirip dengan ketika seseorang sedang bermeditas. Jika dilakukan dengan rutin, mewarnai bisa membuat tubuh lebih rileks dan membantu meredakan stres. Saat sedang mewarnai, kamu bisa memilih warna apa saja yang kamu suka, kapan waktu melakukannya, bahkan bagaimana teknik mewarnai yang kamu pilih.

Kamu bisa melakukannya sesuka hati baik itu rapi atau berantakan, sehingga kamu memiliki kehendak bebas sesuka hati. Pada akhirnya mewarnai membuat seseorang bisa melakukan sesuatu yang disukai tanpa beban dan tanpa tekanan, sehingga membuatmu merasa punya pilihan akan apa yang sedang dikerjakan. Meski begitu ternyata tak semua orang suka mewarnai dan tak semua orang merasakan manfaat yang sama dari kegiatan ini.

Apakah seseorang suka mewarnai atau tidak sangat bergantung pada pengalaman di masa kecil. Menurut Dr. Bea, jika saat kecil kamu menikmati dan sangat menyukai kegiatan mewarnai, maka kamu pun akan menyukai aktivitas ini ketika dewasa. "Orang dewasa biasanya memilih bentuk kegiatan yang mereka sukai saat anak anak, sebagai bentuk rekreasi di masa dewasa," ungkap Dr. Bea.

Artikel ini merupakan bagian dari KG Media. Ruang aktualisasi diri perempuan untuk mencapai mimpinya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.