Tjahjo Kumolo Meninggal Dunia, Mahfud MD Sebut Orang Baik, Puan: Om Tjahjo Senior Sederhana

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Tjahjo Kumolo meninggal dunia di RS Abdi Waluyo, Jakarta, Jumat (1/7/2022). Sejumlah pejabat dan politisi pun menyampaikan duka atas meninggalnya Tjahjo Kumolo. Termasuk Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Indonesia (Menko Polhukam), Mahfud MD dan Ketua DPR RI, Puan Maharani.

Melalui akun resmi Twitternya, Mahfud MD menyebut, Tjahjo Kumolo adalah orang yang baik. “Saya sedang di atas helikopter bersama Jaksa Agung Bpk Burhanuddin (dari Bandung menuju Jakarta) ketika mendapat kabar melalui WhatsApp bhw Pak Tjahjo Kumolo wafat. Inna lillah wa inna ilaihi raji'un.” “Saya bersaksi bhw Almarhum orang yang baik. Semoga Allah memberikan surga Nya,” tulis , Jumat (1/7/2022).

Hal senada juga disampaikan putri Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri, Puan Maharani. Dalam postingannya di akun Instagram , Puan mengatakan, Tjahjo yang juga mantan Sekjen PDIP ini merupakan senior yang sederhana. Selain itu, Puan menceritakan kedekatannya dengan Tjahjo Kumolo hingga memanggilnya eyang.

“Innalillahi wa inna ilaihi roji'un. Saya memanggilnya Om Tjahjo.Kedekatan kami sejak sudah puluhan tahun karena saya mengenal beliau saya masih kecil.Anak anak saya pun memanggilnya Eyang.” “Dalam perjalanan karir politik saya, Om Tjahjo adalah seorang senior sederhana yang selalu menemani dan membimbing saya,” tulis Puan. Puan menyebut, kematangan dan ketenangan Tjahjodalam berpolitik selalu menjadi panutan baginya.

“Terima kasih Om Tjahjo atas semua bimbingan dan keteladanan selama ini.Ini sebuah kehilangan besar bagi saya dan seluruh keluarga besar PDI Perjuangan.” “Semoga Om Tjahjo mendapatkan husnul khotimah dan keluarga Almarhum diberikan kesabaran dan keikhlasan.Amin ya rabbal alamin,” lanjutnya. Begitu pun Menteri Hukum dan HAM, Yasonna Laoly yang turut mendoakan Tjahjo Kumolo.

Diketahui, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Tjahjo Kumolo meninggal dunia di RS Abdi Waluyo, Jakarta, Jumat (1/7/2022)sekira pukul 11.10 WIB Kabar meninggalnya Menpan RB ini juga dibenarkan oleh politisi PDI P, Junimart Girsang. “Hari ini, Jumat (1/7/2022) pukul 11.10 WIB,” katanya dalam tayangan video di kanal YouTube Kompas.tv.

Diberitakan , Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN RB), Tjahjo Kumolo akan dimakamkan di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta Selatan secara militer sore ini, Jumat (1/7/2022). Namun, sebelum dimakamkan, jenazah Tjahjo dibawa ke rumah duka atau rumah dinas Tjahjo Kumolo. Rumah duka berada di Jalan Widya Chandra IV No. 22, Senayan, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

"Jenazah dari RS Abdi Waluyo dibawa ke Rumah Dinas Widya Chandra untuk dimandikan dan disemayamkan," kata Humas KemenPAN RB dalam keterangan tertulisnya, Jumat (1/7/2022). Selanjutnya, jenazah Tjahjo dibawa ke kantor KemenPAN RB untuk disalatkan di Masjid Quba KemenPAN RB. Kemudian, jenazah akan dilepas dari KemenPAN RB.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, upacara pelepasan akan dilakukan oleh Mensesneg, Pratikno. "Jenazah dibawa ke Masjid Quba Kementerian PANRB untuk disalatkan dirangkaikan dengan upacara persemayaman Jenazah secara militer," jelasnya. Pada pukul 17.00 WIB, jenazah akan dibawa ke TMP Kalibata untuk dimakamkan secara militer.

"Pukul 17.00 (estimasi terlama) Jenazah selanjutnya dimakamkan di TMP Kalibata secara militer," ucapnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.