Pemudik yang Kembali ke Jakarta Keluhkan Lamanya Pengambilan Bagasi di Terminal 2 Bandara Soetta

Para pemudik pengguna jasa pesawat terbang yang baru saja balik mengeluhkan lamanya pengambilan bagasi di terminal 2 Bandara Soekarno Hatta. Mereka harus menanti barang barang mereka bahkan hingga nyaris dua jam. "Antre bagasinya lama, sekitar satu setengah jam. Saya cuma bawa dua koper (masuk bagasi) dan satu tas (masuk kabin pesawat)," ujar Rando, pemudik yang baru saja tiba dari Gorontalo, Minggu (8/5/2022).

Rando mengatakan berdasarkan pengalamannya selama terbang dari Jakarta atau kembali dari luar kota antrean pengambilan bagasi tidak lama. Ia menduga karena jumlah penumpang pesawat terbang sudah banyak yang kembali ke ibu kota dari kampung halamannya usai merayakan Idul Fitri. "Saya tadi mendarat jam 10.30, baru diambil bagasinya jam 12.05. Kayanya sudah mulai padat yang arus balik," ujarnya.

Cerita yang sama juga dialami Agus Riyad. Ia harus mengantre mengambil bagasi selama satu jam. Padahal barang yang dibawanya hanya dua koper kecil. "Lumayan lama, biasanya enggak kaya begini," ujar Agus yang baru saja mendarat dari Medan. Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi sempat melakukan tinjauan arus balik mudik Lebaran di Bandara Internasional Soekarno Hatta (Soetta).

Menhub mendapatkan catatan bahwa jumlah penumpang yang kembali dari kampung halaman cukup banyak. "Sore hari ini, saya sengaja ke Soekarno Hatta, karena menurut catatan ada kedatangan kurang lebih 570 penerbangan. Kalau dirinci lebih jauh di Terminal 2 ini ada kurang lebih 3.500 orang per jam, satu jumlah yang besar," ujarnya. Karena itu, dirinya mewakili pemerintah pusat menugaskan pemangku kepentingan atau stakeholder bandara agar melakukan kegiatan persiapan arus balik dengan profesional. "Lakukan persiapan dengan baik. Kalau perlu lakukan penambahan penambahan," kata Budi.

Kendati saat ini arus balik tinggi, Menhub meminta agar pemudik di daerah untuk menunda waktu pulang ke wilayah Jabodetabek. "Tunggulah besok atau lusa, lusa ada Lebaran ketupat di daerah, ada makna sendiri. Selain makna itu, membantu tidak ada peningkatan jumlah penumpang yang balik kesini, agar pemudik lebih nyaman," ujarnya. Senior Manager Branch Communication and Legal Bandara Soekarno Hatta M Holik Muardi mengatakan, salah satu hal yang disiapkan adalah kelancaran pengambilan bagasi milik penumpang pesawat.

"Kami sudah berkolaborasi dan berkoordinasi juga dengan maskapai, ground handling, untuk kelancaran pengambilan bagasi bagi penumpang, terutama di area kedatangan," paparnya pada awak media. Untuk memperlancar pengambilan bagasi, pihak Bandara Soekarno Hatta juga menyiapkan jumlah troli yang lebih banyak lagi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.