Resep Kolak Pisang Candil, Cocok Jadi Menu Buka Puasa yang Segar dan Enak

Berikut resep membuat Kolak Pisang Candil yang segar dan mudah dibuat. Kolak Pisang Candil cocok jadi menu buka puasa yang enak dan spesial di bulan Ramadhan bersama keluarga yang sehat. Membuat Kolak Pisang Candil cukup mudah dan waktu yang diperlukan juga tidak terlalu lama.

Anda bisa mengkreasikan Kolak Pisang Candil dalam berbagai varian menu, agar lebih variatif dan menarik. Pertama buat bola candilnya, campur tepung ketan, tepung sagu, garam, dan air kapur sirih, lalu aduk rata. Kemudian tuang air daun suji dan air hangat sedikit – sedikit sambil diuleni sampai kalis.

Lalu bentuk menjadi bola – bola ukuran sedang. Selanjutnya, rebus bola candil dalam air mendidih sampai terapung dan sisihkan. Setelah itu buat kuah kolaknya, rebus air, gula merah, dan daun pandan sampai larut, angkat lalu saring.

Kemudian rebus lagi air gula merah sampai mendidih. Tambahkan labu kuning dan masak sampai matang. Setelah itu tambahkan pisang tanduk, garam, kolang kaling, dan nangka, masak dengan api kecil sampai meresap.

Tuang santan dan masak sambil diaduk sampai mendidih. Sajikan kolak bersama dengan es batu agar lebih segar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.